Tidak ada pin yang di tentukan
Home Desa & Kelurahan Pengisian Perangkat ..

Pengisian Perangkat Desa Tinggal Menunggu Ijin Bupati

Pengisian Perangkat Desa Tinggal Menunggu Ijin Bupati

Blorabaru.com, Blora -Lebih dari 200 desa di Kabupaten Blora telah mengajukan ijin bupati, tentang pelaksanaan pengisian perangkat desa. Jumat, 8 Oktober 2021.

Dari 16 Kecamatan, hanya beberapa kecamatan yang belom mengajukan ijin Pelaksanaan pengisian perangkat desa.

Diperkirakan bulan oktober ini, ijin pengisian perangkat desa dari Bupati Blora, Arif Rohman akan segera turun.

Pasalnya, dalam pelaksanaan nanti memakan waktu hingga satu setengah bulan.

Ketua Praja Kecamatan Banjarejo, Endra Eko Sulistiono menyebut, desa-desa di Kecamatan Banjarejo belum mengajukan ijin pengisian perangkat lantaran belum bisa menghitung berapa kekosongan yang perlu diisi.

“Desa-desa ini masih menunggu ijin pelaksanaan mutasi perangkat desa. Ada 10 desa yang mengajukan ijin mutasi beberapa perangkat desanya.” Ucap Endra, di ruang lobi DPRD Blora.

Namun ijin tersebut belum juga turun. Ada 20 desa di Kecamatan Banjarejo yang sama sekali belum mengajukan ijin pengisian perangkat desa.

Setelah ijin mutasi disetujui, baru kita mengajukan ijin untuk seleksi perangkat desa.

“Kita pengennya ijin mutasi turun dulu, sehingga kita tahu berapa kekosongannya. Ada 10 desa yang mengajukan mutasi, tapi masih menunggu persetujuan.” Harap Ketua Praja Banjarejo.

Lain hal nya dengan Ketua Praja Kecamatan Blora, 16 Desa  di Kecamatan Blora sudah bisa dihitung kekosongan perangkat desanya.

“Kekosongan perangkat desa di 16 desa yang ada, di Kecamatan Blora sudah bisa dihitung.” Ujar Ketua Praja Kecamatan Blora, Abdul salam.

Meski demikian, 16 desa ini juga belum mengajukan ijin seleksi perangkat desa. Pasalnya ijin mutasi untuk satu desa yang mengajukan juga belum turun.

“Kami sudah mengajukan ijin untuk pengisian jumlah perangkat desa di 16 desa, tapi secara tertulis belum. Kami masih menunggu ijin untuk salah satu desa yang mengajukan ijin mutasi,” katanya.

Dikatakan Dwi Edy Setyawan, Kepala bidang Pemerintahan Desa di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD) Kabupaten Blora memang bisa dengan 2 cara. Yakni dengan mutasi dan seleksi.

Ia menyebut, sudah ada 201 desa yang hingga pekan pertama Oktober 2021 telah mengajukan ijin ke Pemkab Blora untuk mengadakan pengisian perangkat desa dengan seleksi. Tinggal 36 desa yang ada di Kecamatan Banjarejo dan Kecamatan Blora yang masih ditunggu pengajuan ijinnya.

“Rencananya pertengahan bulan ini ijin Bupati Blora sudah bisa turun semua untuk desa-desa yang telah mengajukan ijinnya,” kata Dwi.

Solikin

SHARE

Komentar ditutup.


URL berhasil di salin
Data off atau jaringan lambat
Memuat content..