Tidak ada pin yang di tentukan
Home Desa & Kelurahan Antisipasi  Covid-1..

Antisipasi  Covid-19 – Ini Yang Dilakukan Pemerintah Desa Pilang

Antisipasi  Covid-19 – Ini Yang Dilakukan Pemerintah Desa Pilang

Blora, blorabaru.com – Dalam rangka Pengendalian dan Pencegahan Penularan Covid-19, Pemerintah Desa Pilang, Kecamatan Randu Blatung Kabupaten Blora selalu melakukan upaya pengendalian Covid-19 di wilayahnya, pada Senin (6/9/2021).

Kepala Desa Pilang, Suyatno menjelaskan, hal ini dilakukan, melihat perkembangan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Blora yang semakin membaik .

Pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19 menjadi tugas dan tanggung jawab bersama warga Desa Pilang. Selain penanganan penyebaran Covid-19 pemerintah desa bertanggung jawab untuk mengatasi permasalahan covid – 19 dengan memberikan edukasi dan pencegahan penyebaran Covid-19 .

Untuk menekan tingkat keterisian kamar rumah sakit atau Bed Occupancy Rate (BOR), Pemerintah Desa Pilang memperkuat strategi isolasi mandiri baik di rumah maupun pusat isolasi desa/kelurahan.

Suyatno mengatakan, strategi tersebut antara lain menahan pasien COVID-19 bergejala ringan agar tidak dirawat di rumah sakit. Tetapi, bersama pasien tanpa gejala mereka diharuskan melakukan isolasi mandiri di rumah maupun di pusat isolasi yang ada di setiap desa/ kelurahan.

Menurut Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19) Kementerian Kesehatan RI Karantina adalah proses mengurangi risiko penularan dan identifkasi dini Covid-19 melalui upaya memisahkan individu yang sehat atau belum memiliki gejala Covid-19 tetapi memiliki riwayat kontak dengan pasien konfirmasi Covid-19 atau memiliki riwayat bepergian ke wilayah yang sudah menjadi transmisi lokal .

Menurutnya, dengan mengetahui perkembangan dalam penanganan COVID-19, pemerinta desa Pilang dapat menentukan langkah yang dilakukan untuk memaksimalkan dalam penanganannya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan Kepada Masyarakat penanggulangan Covid-19 di Desa Pilang dapat membantu mengoptimalkan program pencegahan penyebaran Covid-19. Metode penyelesaian masalah dalam pencegahan penyebaran covid – 19 terdiri dari pembuatan alat peraga seperti poster untuk edukasi tentang Covid-19 dan penanggulangannya, pendataan warga prioritas, pembagian sembako kepada masyarakat prioritas, penyemprotan desinfektan, pembagian masker, dan kotak PPPK, tabung oksigen, bad (tempat tidur pasien),

“Dibutuhkan komunikasi yang intens, terkait bagaimana penanganan isolasi mandiri dan pasien yang meninggal maupun yang sembuh yang mana ini merupakan kekhawatiran kita dalam Covid-19 ini,” ucapnya.

Pemerintah Desa berharap dengan adanya dilengkapi dengan kotak PPPK, tabung oksigen, bad (tempat tidur pasien), kegiatan tersebut dapat membantu memutus rantai penyebaran Covid-19 atau Coronavirus di wilayah desa Pilang khususnya .

Arif

SHARE

Komentar ditutup.


URL berhasil di salin
Data off atau jaringan lambat
Memuat content..