Tidak ada pin yang di tentukan
Home Religius Majelis Taklim Masji..

Majelis Taklim Masjid Nurul Falah Perumnas Blora Santuni Ratusan Anak Yatim Piatu

Majelis Taklim Masjid Nurul Falah Perumnas Blora Santuni Ratusan Anak Yatim Piatu

Blora, blorabaru.com – Majelis Taklim Masjid Nurul Falah Perumnas RW V Kelurahan Karangjati Kecamatan Blora memberikan santunan kepada 205 anak yatim piatu, Minggu (29/8/2021).

Masing-masing anak mendapat dana sebesar Rp240.000,00 ditambah masker, handsaniteser dan makanan snak. Kegiatan tersebut dilakukan di Teras Masjid dan digelar oleh para ibu yang tergabung dalam Majelis Taklim Masjid Nurul Falah Perumnas RW V Kelurahan Karangjati Kecamatan Blora.

Menurut Dewi Tedjowati (matan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blora) selaku ketua Majelis Taklim, mengemukakan bahwa kegiatan menyantuni anak yatim piatu itu merupakan agenda rutin tahunan.

“Namun untuk kegiatan hari ini agak berbeda dibanding tahun lalu. Selain menerapkan protokol kesehatan secara ketat, tadi pagi sebelum dimulai acara diawali dengan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat baik di dalam masjid maupun di lingkungan Taman Masjid,” jelasnya.

Pelaksanaannya pun tidak ada acara seremonial sehingga peserta datang langsung daftar absensi kehadiran dan seketika itu menerima amplop santunan, snak, masker dan handsaniteser.

Dengan demikian dengan cara tersebut dalam kegiatan penyantunan anak yatim piatu dapat dihindari kerumunan masa.Dewi Tedjowati juga menyampaikan rasa bahagianya karena didalam kesulitan ekonomi antusias para penyatun meningkat.

Hal itu terbukti dana untuk santunan yang terkumpul dari para warga di RW V (ada 9 RT) tahun ini mencapai Rp53.490.000 dibagikan ke 205 anak masing anak memperoleh Rp240.000,
Sedangkan tahun 2020 hanya dapat menyantuni 202 anak dan masing-masing anak mendapat Rp230.000 plus snak makanan senilai Rp20.000.

Disamping itu untuk tahun ini masih mendapat bantuan masker dan handsanitizer dari BPBD dan ice cream dari AICE.

Adapun peserta yatim piatu berasal dari warga RW V dan warga lainya dari RW1,2,3,4 masih dalam kelurahan Karangjati.

“Selaku ketua ibu-ibu majelis taklim mengucapkan terimakasih atas bantuan dan dukungan semua pihak sehingga terkumpul dana penyantunan paling besar sejak diselenggarakan penyantunan untuk yatim piatu di Masjid Nurul Falah,” ucap Dewi Tedjowati.

Pihaknya mohon maaf bila masih ada kekerungan dan keterbatasan dalam pelaksaanaan Penyatunan anak yatim piatu.
Pada kesempatan yang sama, Ketua RW V, Bukit Effendi memberikan apresiasi positif atas pelaksanaan pemberian santunan di masa pandemi Covid-19 tahun ini, apalagi jumlah dana yang terkumpul dan peserta makin banyak.

“Semoga karya mulia ini mendapat berkah dari Allah dan kita semua warga perumnas RW V tetap menjaga protokol kesehatan dan selalu guyup rukun serta sehat walafiat,” kata Bukit.
Sementara itu menurut Kiai Agus Budi Sukisna (Kiai Gaul yang juga imam masjid Nurul Falah, menyampaikan, mengenai penyatunan anak yatim di dalandasi dalam Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 220.

Bahkan dalam salah satu hadist Al Bainiy disebutkan barang siapa yang mengikut sertakan seseorang anak yatim di antara dua orang tua yang muslim dalam makan dan minumnya sehingga mencukupinya maka ia masuk Surga.

Disampaikanynya, ada Berbagai keutamaan kalau kita mencintai anak yatim, di antaranya meraih peluang menjadi teman Rasulullah SAW di surga, memperoleh pertolongan dari Allah dalam setiap menghadapi musibah, terhindar dari siksa api neraka dan dijamin masuk surga, menjadi investasi amal untuk akhirat dan selalu menggapai keberuntungan dan menjadi terbaik dalam kehidupan.

Lebih lanjut disampaikan dalam menyantuni anak yatim piatu bukan hanya dijanjikan pahala yang melimpah dan masuk surga, namun bila kita bersunghuh sungguh mengurus anak yatim piatu juga akan dijamin oleh Allah akan dipenuhi kebutuan hidup.

“Saya meyakini menyantuni anak yatim piatu merupakan salah satu ibadah sosial yang sangat bermanfaat untuk umat yang saat sedang menderita,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PWRI Blora yang juga nantan Sekda Blora, Bambang Sulistya mengungkapkan, mudah-mudahan langkah cerdas dan melangit dari para ibu ibu majelis taklim dari masjid Nurul Falah mampu menggetarkan inspirasi dan motivasi dari para ibu-ibu di masjid yang lain.

Dirinya mengapresiasi, ditengah-tengah derita musibah Virus Corona dan saat ini di Blora Mustika dalam pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat(PPKM) Darurat masih pada level tiga, ternyata tadi pagi minggu tanggal 29 Agustus 2021 telah hadir sebuah kegiatan yang sangat mulia.

Dikatakannya, kalau budaya menyantuni anak yatim piatu tumbuh dan berkembang di setiap masjid di Bumi Blora Mustika bisa dibayangkan maka akan terjadi peran sosial masjid di masa pandemi Covid-19 mampu memakmurkan dan meringankan beban masyarakat yang saat ini sedang menderita dan nestapa.

“Ada sepanggal patun, habis menuai tanaman padi, betapa perih sakit di hati. Jika bapak ibu bermurah hati, sumbanglah secara ikhlas harta yang bapak-ibu miliki,” tuturnya.

Solikin

SHARE

Komentar ditutup.


URL berhasil di salin
Data off atau jaringan lambat
Memuat content..