Tidak ada pin yang di tentukan
Home Budaya & Wisata Ritual Jamasan Tosan..

Ritual Jamasan Tosan Aji, Paguyuban Kuntul Ngantuk

Ritual Jamasan Tosan Aji, Paguyuban Kuntul Ngantuk

Blora, blorabaru.com – Ritual jamasan tosan aji dari Paguyuban Kuntul Ngantuk Blora, tetap dilaksanakan meskipun ditengah keterbatasan akibat pandemi Covid-19.

Pada tradisi bulan Muharram atau Suro, bertepatan di Malam Jum,at Kliwon, sekitar 40 pusaka diantaranya keris, tombak dan pedang dijamas dalam prosesi yang dipusatkan di Pendopo Dinporabudpar. Kamis malam, 26/8/21.

Ketua Paguyuban Tosan Aji Kuntul Ngantuk, Muhamad Habibie menyampaikan “Kami dari komunitas terutama anak muda yang memiliki satu kecintaan budaya terutama tosan aji diantaranya keris, tombak dan pusaka” Ungkapnya.

Kita sebagai generasi penerus, yang sudah diperjuangan oleh senior. Dimana sebelum paguyuban tosan aji kuntul ngantuk ada, diawali dari Toyo padas dan Mahameru.

Dijelaskan Habibie, Pelaksaan kegiatan ini sesuai arahan Dinporabudpar kita batasi 20 peserta, malam ini ada sekitar 40 pusaka yang kita jamas.

“Menurut orang Jawa biasanya Selasa Kliwon atau malam Jum,at Kliwon tapi kita laksanakan di hari spesial malam jum,at kliwon. Di hari jum,at terakhir di bulan suro, Sebagaimana ada tradisi Jawa ada proses jamasan” Katanya.

Dalam proses jamasan pusaka, secara fisik kita membersihkan tosan aji ada keris, tombak dan pedang dari karat, kotoran yang menempel selama se tahun. Dibersihkan lewat air kelapa, kembang telon terakhir ada minyak agar setahun tosan aji selalu harum.

“Kedepan warga blora semakin banyak yang peduli akan sejarah, Blora ini sebenarnya banyak silang sejarah di semua peradaban. Blora banyak tampil dan terlibat, baik sebelum Hindu Budha dan setelah Mataram dengan penguatan samangat sejarah untuk mengembalikan historis sejarah Blora agar budaya dan pembangunannya kedepan lebih maju. Selain itu kita bersama sama berdoa semoga Blora, pandeminya segera berakhir” Harapnya

Solikin

SHARE

Komentar ditutup.


URL berhasil di salin
Data off atau jaringan lambat
Memuat content..