Tidak ada pin yang di tentukan
Home Info Publik Go Green Go Clean, J..

Go Green Go Clean, Jum’at Bersih di Ex-Sasana Bhakti Blora

Go Green Go Clean, Jum’at Bersih di Ex-Sasana Bhakti Blora

Blora, blorabaru.com – Aksi Bhakti Lingkungan Bersama bertitel Jumat Bersih kembali dilakukan di eks Gedung Sasana Bhakti Blora dengan mengangkat tema Blora: Go Green dan Go Clean, Jumat (20/8/2021) pukul 07.00 WIB.

“Iya, setelah Jum’at (6/8/2021) dua pekan lalu bersama kita bersihkan, saat ini lahan bekas gedung bersejarah seluas 2.000 meter persegi ini kita bersihkan lagi. Biar benar-benar bersih dari semak dan pohon berduri,” kata Eko Arifianto selaku penggagas acara sekaligus Koordinator Relawan Blora.

Eko menambahkan bahwa kondisi pandemi saat ini perlu mendapat perhatian bersama dari semua pihak.

“Kalau kita mau berfikir, kondisi pandemi seperti sekarang ini sebetulnya kesempatan kita melakukan introspeksi diri. Bagaimana kita selama ini bersikap terhadap alam lingkungan. Kelestarian dan kebersihannya. Karena wabah ini sebetulnya adalah sinyal bahwa ada sesuatu yang kotor dalam diri dan lingkungan sekitar. Jadi dengan kegiatan Jum’at Bersih ini mari bersama-sama kita wujudkan Blora yang lebih sejuk, bersih, indah dan sehat,” tegasnya.

Karena pembersihan secara manual belum bisa maksimal, guna pembersihan lokasi gedung yang pada tahun 1950an dulu bernama Gedung Rakjat, tahun 1968 berubah menjadi Gedung Rajawali, Tri Daya dan tahun 1986 menjadi Sasana Bhakti yang diratakan pada tahun 2019 tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kab. Blora membantu 1 unit alat Excavator PC70 dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Blora menyediakan 3 unit truk pengangkut sampah.

“Iya, untuk alat beratnya dari DPUPR Blora. Kita dari DLH bantu menyediakan truk pengangkut sampah agar paska dikeruk oleh excavator bisa langsung dibawa ke TPA Temurejo,” terang Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blora Drs. Sugiyono, M.Si, yang turut hadir di lokasi.

Berbeda dengan aksi minggu kemarin, kali ini kegiatan Jum’at Bersih juga diikuti oleh warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Blora.

“Iya, kita ingin turut berperan serta menjaga keindahan dan kebersihan jantung kota Blora. Tapi karena hari ini bersamaan dengan kegiatan di Rutan, maka kita dari petugas hanya bisa hadir sebanyak 16 orang dan narapidana pekerja sejumlah 5 orang. Jadi total semua 21 orang,” jelas Kepala Kesatuan Pengamanan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Blora Sudiarto.

Sudiarto menambahkan bahwa warga binaan yang mengikuti aksi bhakti lingkungan bersama dan keluar dari Rutan sudah memenuhi persyaratan dan melewati tahap penyeleksian.

“Mereka sudah memenuhi persyaratan, baik administrasi maupun substantifnya. Di antaranya telah menjalani masa pidana setengahnya, berkelakuan baik, tidak pernah melanggar dan sudah melalui sidang tim pengamat pemasyarakatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Hj Ainia Shalichah SH, M.Pd.AUD., M.Pd.BI selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora yang turut serta dalam acara Jum’at Bersih ini mengatakan bahwa seperti inilah wujud nyata kebersamaan, gotong-royong dan sinergitas Pemerintah Kabupaten Blora dengan semua pihak dalam rangka mewujudkan kota Blora yang bersih dan indah.

“Saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh pihak, relawan, OPD-OPD yang terlibat, masyarakat dan juga untuk Rutan Blora serta warga binaan pemasyarakatan Rutan Blora yang telah ikut peduli dan turut ambil bagian dalam kegiatan bhakti lingkungan ini. Semoga ke depan bisa terus bersinergi untuk Blora yang lebih baik,” tutur wanita yang akrab disapa Bunda Ainia ini.

Acara aksi bakti lingkungan bersama hari ini mendapat dukungan dari banyak pihak, di antaranya Sekretaris Daerah Kab. Blora, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kab. Blora, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kab. Blora, Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kab. Blora, Dinas Pendidikan (DIKNAS) Kab. Blora, Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (DINPORABUDPAR) Kab. Blora, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kab. Blora, Dinas Perumahan Permukiman dan Perhubungan (DINRUMKIMHUB) Kab. Blora, Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (DINDAGKOP UKM) Kab. Blora, Dinas Komunikasi dan Informatika (DINKOMINFO) Kab. Blora, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Blora, Dinas Pengendalian Penduduk dan KB (DINDALDUK KB) Blora, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kab. Blora, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Blora, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (DINPERINAKER) Kab. Blora, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DINSOS P3A) Kab. Blora, Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOL P) Kab. Blora, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Blora, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) Kab. Blora, Bagian di lingkungan Setda Kab. Blora, Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Blora, segenap relawan dan masyarakat Blora.

Solikin

SHARE

Komentar ditutup.


URL berhasil di salin
Data off atau jaringan lambat
Memuat content..