Tidak ada pin yang di tentukan
Home Religius Yunia Kusyuk Berdoa ..

Yunia Kusyuk Berdoa di Makam Potjut Meurah Intan

Yunia Kusyuk Berdoa di Makam Potjut Meurah Intan

Blora, blorabaru.com – Sepintas tak ada yang membedakan makam bernisan warna hitam ini dengan makam pada umumnya. Namun, siapa sangka, makam itu adalah makam salah satu pahlawan nasional, yakni Potjut Mirah Intan.

Makam yang berada di kompleks pemakaman Desa Temurejo Kecamatan Kota Blora itu nampak gersang dan tak terawat. Nisan sebagai tanda pusara makam berwarna hitam. Nampak tulisan nama Potjut Meurah Intan di satu sisi nisan, lengkap dengan tanggal wafat 20-9-1937.

Jika dibanding dengan kondisi makam para pahlawan nasional pada umumnya, kondisi makam Potjut Mirah Intan ini jauh dari kata layak. Semak belukar berserakan menutupi sebagian ruang nisan.

Yunia salah satu guru pendidikan anak usia dini (PAUD), menyampaikan,” allhmdulilah saya bersyukur bisa melihat langsung makam pahlawan dari Aceh yang di semayamkan di Tegal sari, dan selama ini saya hanya membaca dari online,” ucapnya, Jumat (30/07/2021).

Tidak itu juga mas,” saya juga kaget selain ada makam potjut meurah intan, di sini juga banyak makam makam kuno, ada abu Umar, makam Patih Blora, waliyullah, dan kelihatanya lebih dari 200 makam bangsawan era abat 16 sampai 19an,” ungkapnya

Ia pun berharap, ada perhatian khusus dari Pemerintah setempat untuk bisa lebih memperhatikan makam salah satu pahlawan nasional yang berada di Blora itu.

“Kalau nanti bisa diperbaiki, dibuat secara layak lokasi makamnya, nanti warga kan bisa menggelar haul. Ziarah ke makam juga lebih nyaman, untuk mengenang jasa beliau ini,” terangnya.

Potjut Mirah Intan, merupakan orang kepercayaan Cut Nyak Dien dan sempat menjadi pemimpin para pejuang Aceh di kawasan Laweueng dan Kale, Aceh pada perang melawan Belanda tahun 1.900 an. Namun kemudian dirinya tertangkap dan diasingkan di Kabupaten Blora hingga akhirnya meninggal dan dimakamkan di Blora.

Solikin

SHARE

Komentar ditutup.


URL berhasil di salin
Data off atau jaringan lambat
Memuat content..