Tidak ada pin yang di tentukan
Home Info Kesehatan Penderita TBC di Blo..

Penderita TBC di Blora, Mendapatkan Obat Gratis

Penderita TBC di Blora, Mendapatkan Obat Gratis

Blora, blorabaru.com – Penderita Tuberkulosis yang juga dikenal dengan singkatan TBC merupakan penyakit menular yang menyebabkan masalah kesehatan, di blora sendiri penderita TBC juga banyak. Tuberkulosis sendiri dapat menyerang bagian tubuh manapun, dan paling umum adalah infeksi tuberkulosis pada paru-paru. Selasa, 13/7/21.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Blora Edy Widayat melalui Plt. Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Sutik S.Kep MM mengatakan ” Untuk perkembangan Penyakit Menular terutama TBC masih banyak, bahkan kami pada tahap mencari penderita. kami melakukan investigasi kontak di semua kecamatan, pada orang yang sudah terkena TBC kita lakukan kontak serumah dan lingkungan” Terangnya.

Harapan kami penderita semua di temukan, nanti di obati agar tidak menular ke orang lain. Dan dengan adanya pandemi seperti ini orang merasa takut untuk berobat di Puskesmas dan Rumah Sakit. Saat ini yang kami lakukan adalah jemput bola kerumah pasien. Terutama kami bekerja sama dengan kades untuk menemukan penderita TBC.

Ia Juga mengatakan TBC di Indonesia merupakan salah satu penyakit sangat tinggi, Selain itu TBC menjadi salah satu penyakit Pemicu untuk kena Covid, apalagi TBC sendiri termauk jenis penyakit infeksi yang lama untuk disembuhkan, penderita TBC harus rutin untuk minum obat selama 6 bulan mereka bisa disembuhkan, selain itu untuk penderita TBC MDR atau Resisten Obat minum obat 18 bulan sampai 2 tahun.

Untuk layanan kesehatan penderita TBC, kami Masih melakukan pelayanan dengan bagus. Baik Rumas Sakit dan Puskesmas bagi penderita TBC akan diberikan obat gratis, dan di blora sendiri sudah melakukan pemeriksaan secara intensif dengan menggunakan alat alat modern. TCM dua rumah sakit blora dan Cepu dan saat ini kami menambahkan 2 Puskesmas Ngawen dan Rhandublatung menggunakan pemeriksaan cepat dan akurat dengan TCM.

Kami menghimbau “Bagi penderita TBC dan masyarakat, apabila batuk lebih dari 2 Minggu baik berdahak, keluar keringat dingin, sesak nafas cepat cepat melakukan pemeriksaan di puskesmas dan jangan takut. Kemuadian harapan kami para penderita TBC rutin selama 6 bulan jangan sampai putus minum obat rutin agar nanti juga akan sembuh.Kami juga mengingatkan bagi penderita TBC menggunakan masker, kalau dahak jangan sembarang tempat apabila bagi orang orang yang imunya lemah dikhawatirkan bisa tertular TBC, karena penularannya melalui drouplet” Tutup Sutik.

Solikin

SHARE

Komentar ditutup.


URL berhasil di salin
Data off atau jaringan lambat
Memuat content..