Tidak ada pin yang di tentukan
Home Desa & Kelurahan Sedekah Bumi Kelurah..

Sedekah Bumi Kelurahan Kauman, di Laksanakan Secara Sederhana

Sedekah Bumi Kelurahan Kauman, di Laksanakan Secara Sederhana

Blora, blorabaru.com – Sedekah bumi merupakan acara sakral, yang dimana merupakan hajatan rakyat setahun sekali sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan. Tradisi ini sudah berlangsung secara turun temurun dan sebagian kelurahan dan desa masih tetap menjalankan tradisi ini terutama di Blora. Kamis,10/6/21.

Tetapi dalam perayaan hajatan sedekah bumi di tahun ini berbeda di tahun tahun sebelumnya, mengingat kondisi pandemi belum berakhir.

Kelurahan Kauman, Kecamatan Blora Kota dalam menyambut Hajatan Sedekah Bumi  dilakukan secara sederhana tanpa meninggalkan makna ke sakralannya. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi dan meminimalisir resiko penyebaran virus corona. Sedekah bumi di Kelurahan Kauman dalam pelaksanannya tetap menerapkan protokol covid 19.

Rangkaian acara yang di mulai jam 18.30, Kamis pahing malam Jum,at pon Wulan selo di makam Mbah sunan pojok untuk melaksanakan Doa tahlil dipimpin Drs.H. Mahfud Ali Suudi, Ziarah kubur, tabur bunga dan terakhir ramah tamah dan diterima langsung pengurus yayasan sunan pojok yang diwakili oleh H.Masrur.

Acara yang didalamnya dihadiri Kaur Kelurahan Kauman Marthin Ukir Andana M.si, Staf Kelurahan, Pengurus sunan pojok, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Bhabinsa, Bhanbinkamtibmas, Ketua RT, Ketua RW dan warga sekitar.

Kaur kelurahan Kauman Marthin Uki Andana M.si menyampaikan “Kelurahan Kauman malam ini melaksanakan Rangkaian kegiatan doa tahlil di makam sunan pojok, tabur bunga dan ramah tamah. Kami mendukung progam pemerintah untuk taat pada protokol kesehatan, memang kegiatan sedekah bumi merupakan acara adat istiadat, kita rayakan secara sederhana, batas waktu kita minimalkan dan yang hadir pun juga sangat terbatas” Ungkapnya.

Selain itu rangkaian kegiatan besok secara turun temurun di Kelurahan kauman, akan ada wayang kulit, mengingat pandemi ini sebagai syarat dilaksanakan hanya 30 Menit.

“Kami berharap warga Kauman, mematuhi protokol kesehatan, mengingat pandemi ini belum selesai, apalagi covid ini tidak tampak kita harus saling menjaga satu dengan yang lainnya, semoga pandemi segera berakhir” Harap nya.

Solikin

SHARE

Komentar ditutup.


URL berhasil di salin
Data off atau jaringan lambat
Memuat content..