Tidak ada pin yang di tentukan
Home Pertanian Dinas Pertanian dan ..

Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah didukung PT Novelia Abimanyu Sosialisasi Agroeduwisata Kopi

Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah didukung PT Novelia Abimanyu Sosialisasi Agroeduwisata Kopi

Magelang, Blorabaru.com – Perkembangan sektor pertanian dan perkebunan dalam dunia modern ini berkembang sangat pesat,hal ini dibuktikan dengan beberapa produk unggulan, beraneka varian varietas tanaman, jenis pupuk dan pemanfaatan teknologi canggih untuk menunjang petani dalam kualitas dan kuantitas hasil pertanian itu sendiri.

Dinas Pertanian Perkebunan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Budidaya Kopi untuk mendukung Agroeduwisata Kopi Wonolelo di Kelompok Tani Nongko Jajar Windu Sabrang Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Megelang. Jum’at, 4/6/21.

Direktur PT.Novelia Abi Manyu, Sugiyanto mengahadiri dan mendukung progam bimtek yang mengahadirkan Direktur Operasi PT.NAM Mochamad Yoga Anindito sebagai pembicara atas undangan dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah.

Selain memberikan sosialisasi tentang pupuk organik Bio Energi, Yoga Direksi PT. Novelia Abi Manyu memberikan pupuk organik Bio Konversi secara simbolis kepada ketua kelompok tani Nongko jajar Sukimin.

Sementara itu Direktur PT.Novelia Abi Manyu Sugiyanto menyampaikan “Hari ini kita datang dan mendukung progam yang dilaksanakan salah satu direksi kami, untuk memperkenalkan Bio Konversi kepada petani langsung, karena Bio Konversi salah satu pupuk organik cair yang nanti kita juga pasarkan kepada petani, yang tentunya sangat membantu hasil pertanian baik dari kualitas maupun kuantitasnya, serta yang paling penting disini dengan menggunakan pupuk ini kaulitas dari tanah akan jauh lebih baik” Ungkapnya.

“Dinas Pertanian dan perkebunan hari ini, kebetulan kita membagi dua sesi tapi secara paralel dilaksanakan bersama-sama di tempat ini kita melakukan kegiatan penyeduhan kopi, bagaimana caranya bisa meracik kopi dan menyajikan kopi secara benar.Tadi di tempat lain kita ada bimbingan teknis (Bimtek) dengan peserta yang berbeda kita berikan teori kemudian kita ajak ke lapangan bagaimana cara memangkas kopi yang benar” Hal ini disampaikan Ir.Cisilia Sunarti M.Sc Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan Dinas Pertanian dan Perkebunan Propinsi Jawa Tengah saat di Wisata Air Terjun Kedung Kayang

Kita memberikan edukasi langsung ke Petani dan pelatihan,kopi yang dipangkas itu agar produksi dan produktivitasnya yang lebih tinggi. Di samping itu juga ada pembuatan rorak untuk pemeliharaan.

Terkait dengan aplikasi pupuk organik memang diharapkan kita memberikan pengenalan kepada para petani semua komoditas yang baik terhadap komoditas tanaman.komoditas tanaman pangan perkebunan dan hortikultura sebenarnya kita kembali ke alam back to nature.bagaimana cara kembali ke alam itu bisa memberikan pupuk hayati maupun pestisida alami pada tanaman.

Ia juga menghimbau kepada Petani,Selama ini pemberian pupuk hampir semuanya menggunakan pupuk kimia padahal ujung-ujungnya pupuk kimia itu ataupun pestisida kimia meninggalkan residu yang berbahaya untuk manusia dan juga merusak tanah. Diharapkan memang kita bisa kembali ke alam sehingga itu bisa memperbaiki tekstur dan struktur tanah.

“Petani memang sangat kesulitan,kita tidak bisa memberikan maunya kita seperti ini,harus ada tahapan, disarankan dan pembinaan kepada petani secara perlahan-lahan tidak bisa frontal.Petani biasanya kecenderungan melihat atau meniru yang baik baru dia akan percaya kita harapkan dari biokos itu juga membuat suatu demotracion plot (demplot) percontohan sehingga dapat dilihat langsung oleh petani sehingga petani menjadi lebih percaya” Harapnya.

Soliki

SHARE

Komentar ditutup.


URL berhasil di salin
Data off atau jaringan lambat
Memuat content..