Tidak ada pin yang di tentukan
Home Desa & Kelurahan Antisipasi Kekeringa..

Antisipasi Kekeringan Air, Warga Desa Tanggel Membuat Bendungan Talut

Antisipasi Kekeringan Air, Warga Desa Tanggel Membuat Bendungan Talut

Blora, Blorabaru.com – Puluhan warga di Dusun Sonorejo Desa Tanggel Kec. Randublatung melaksanakan kegiatan kerja bakti berupa pembuatan Bendungan Talut sementara antisipasi kekeringan air di sungai perkampungan dusun setempat, Jumat pagi (21/5).

Hal ini merupakan antusias bentuk keprihatinan warga setempat dan rutinitas setiap tahunnya menjelang memasuki musim kemarau yang akan datang untuk menghadapi situasi kekeringan yang akan melanda masyarakat setempat.

Dalam kesempatan Itu mbah piyo selaku kepala dusun setempat mengatakan  “Kegiatan seperti ini memang dilakukan setiap tahunnya menjelang musim kemarau datang, agar kekeringan yang melanda nantinya tidak terlalu parah” Ungkapnya

Lebih lanjut kegiatan kerja bakti pembuatan Bendungan Talut ini berfungsi untuk kebutuhan MCK sehari-hari dan pengairan persawahan, juga sebagai wujud kebersamaan, keakraban dan semangat gotong royong masyarakat dusun sonorejo.

Bendungan Talut tersebut masyarakat membuat nya dengan komposisi tanah grebek/gesik, aram ( rumput alang-alang, daun jati dan pusang), pohon pisang yang ditumpukkan dengan rapi kemudian di kasih sangga belakang bendungan dengan kayu jati dan pohon pring, ungkap Lek Tarmo

“Pembuatan Bendungan yang dibangun ini membutuhkan waktu sampai dua hari setiap pagi hingga siang dengan ketinggian 2 meter lebar 3 meter yang memungkinkan bisa bertahan sampai akhirnya musim kemarau kalau tidak terlanda banjir susulan secara tiba-tiba” Pungkasnya.

Najib

SHARE

Komentar ditutup.


URL berhasil di salin
Data off atau jaringan lambat
Memuat content..