Tidak ada pin yang di tentukan
Home Ekonomi BUPATI HARAPKAN BPR ..

BUPATI HARAPKAN BPR BLORA ARTA DUKUNG SEKTOR UMKM

BUPATI HARAPKAN BPR BLORA ARTA DUKUNG SEKTOR UMKM

BLORA, blorabaru.com – Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si berharap agar Perusahaan Umum Daerah (perumda) BPR Bank Blora Arta bisa menjadi bank yang mendukung sektor UMKM. Termasuk, Bupati berencana kedepannya agar bank pemerintah tersebut dapat menyediakan pinjaman tanpa bunga bagi para pelaku UMKM kecil.

Hal tersebut diungkapkan Bupati dalam Rapat bersama Perumda BPR Bank Blora Artha di Ruang Rapat Bupati, Senin siang (29/3/2021).

“Saya juga ingin punya branding nanti bahwa kita ini BPR juga untuk UMKM, oleh karena itu saya harap nanti khusus UMKM nanti bisa ada pinjaman dengan nominal tertentu, yang saya bayangkan itu yang membayarkan bunganya dari Pemda,” ungkap Bupati

“Istilahnya kita coba untuk kredit tanpa bunga bagi pelaku UMKM jadi bunganya yang bayar kita. Coba buat polanya seperti apa nanti” sambungnya

Arief Rohman berharap agar nantinya BPR Bank Blora Arta dapat menjadi kebanggaan serta dapat mendorong ekonomi masyarakat Blora.

“Yang penting inovasi terus, kita ingin benar-benar mengawal agar bank kita ini menjadi bank kebanggaan masyarakat Blora” pungkas Arief

Selain itu, Bupati turut menanggapi usulan-usulan yang disampaikan oleh pihak BPR Bank Blora Arta dalam rangka pengembangan dan peningkatan layanan kedepannya. Pemkab Blora pun siap memberi dukungan dalam pengembangan Perumda tersebut.

Sementara itu, Direktur Utama Perumda BPR Bank Blora Artha, Arief Syamsuhuda, SE, MM mengungkapkan bahwa dari tahun 2016 hingga 2020 aset yang dimiliki nilainya bertambah.

“Kalau dihitung aset kami dari 2016 sampe 2020 pertumbuhannya lumayan, di tahun 2019 kita di angka 56 miliar dan tahun 2020 kita sekitar 68 miliar, per Maret ini kita mencapai 78 miliar” ungkapnya

Selain itu pada tahun 2020, bila dibandingkan tahun sebelumnya nilai tabungan mengalami pertumbuhan sebesar 11,02%, kredit tumbuh sebesar 22,17%. Meski demikian, pada situasi pandemi ini dan berbagai faktor lain turut berdampak pada deposito dan laba bruto yang mengalami pertumbuhan minus.

Namun Direktur Utama BPR Bank Blora Arta tersebut optimis pada tahun ini dapat mengalami peningkatan yang signifikan. Pihaknya turut dipaparkan mengenai Rencana Bisnis Bank pada tahun 2021 per 31 Desember 2021, untuk aset, kredit, tabungan, deposito, laba bruto dan laba netto ditargetkan mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Pada kesempatan tersebut, turut dipaparkan laporan keuangan, kondisi tingkat kesehatan bank, rencana kedepannya, serta usulan kepada Pemerintah Kabupaten Blora.

Beberapa usulan yang disampaikan terkait dukungan keterlibatan BPR dalam pembayaran dan transaksi yang diselenggarakan Pemkab Blora, penambahan dukungan modal, pembangunan kantor pusat Perumda, digitalisasi Perbankan dan sebagainya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Asisten II Sekda Blora, Direktur Perumda BPR Bank Arta Blora beserta jajarannya, Kepala Bagian Perekonomian Setda Blora (Tim Liputan Prokompim Setda Blora)

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


URL berhasil di salin
Data off atau jaringan lambat
Memuat content..