Tidak ada pin yang di tentukan
Home Info Birokrasi Dinas Kominfo Blora,..

Dinas Kominfo Blora, Berikan Penghargaan Tiga KIM

Dinas Kominfo Blora, Berikan Penghargaan Tiga KIM

BLORA – blorabaru.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora memberi penghargaan kepada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) teraktif dan inovatif menyebarluaskan informasi dari wilayah setempat.

Penghargaan diserahkan Kepala Dinas Kominfo Drs. Sugiyono, M.Si dan Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Dinas Kominfo Ignatius Ary Soesanto kepada KIM Kelurahan Kunden (peringkat I) Kecamatan Blora, Kelurahan Tegalgunung (peringkat II) Kecamatan Blora dan KIM Cepu, Kecamatan Cepu.

Ketiganya menerima penghargaan di sela acara Temu Kelompok Informasi Masyarkat (KIM) se Kabupaten Blora dalam Melaksanakan Aksi Ke-7 Penurunan Stunting di Kabupaten Blora bertempat di ruang pertemuan Resto D’joglo Blora, Selasa (23/2/2021).

“Kami ucapkan selamat, semoga penghargaan yang kami serahkan ini bisa menjadi penyemangat sehingga KIM lebih aktif lagi, lebih baik dan inovatif,” kata Kepala Dinkominfo Blora, Drs. Sugiyono,M.Si.

Bagi yang belum menerima atau meraih penghargaan, tambahnya, di tahun 2021 ini bisa lebih aktif dan perannya ditingkatkan.

Kabid IKP Dinas Kominfo Blora Ignatius Ary Soesanto, dalam laporannya menjelaskan Visi KIM yaitu terwujudnya KIM yang inovatif dalam meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat melalui pendayagunaan informasi dan komunikasi dalam rangka mencapai masyarakat informasi yang sejahtera.

Adapun fungsi KIM, lanjutnya, sebagai wahana informasi, sebagai mitra dialog dengan pemerintah, pemerintah provinsi, pemerintah kota/kabupaten dalam merumuskan kebijakan publik.

Kemudian, sebagai peningkatan literasi masyarakat di bidang informasi dan media massa serta teknologi informasi dan komunikasi di kalangan anggota KIM dan masyarakat.

“Berikutnya, sebagai lembaga yang memiliki nilai ekonomi,” jelasnya.

Acara diikuti 11 perwakilan KIM se Blora.

Adapun Tugas KIM yaitu mewujudkan masyarakat yang aktif, peduli, peka dan memahami informasi.

Memberdayakan masyarakat melalui diskusi antar anggota sehingga dapat memilih dan memilah informasi yang dibutuhkan bagi kepentingan pribadi, kelompok, masyarakat dan bangsa.

Kemudian, mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antar kelompok/masyarakat maupun dengan pihak lainnya (pemerintah), sehingga tercipta kerjasama, kebersamaan, kesamaan dan persatuan bangsa.

Seperti diketahui Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinkominfo Blora pada 26 Maret 2018 telah menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada 11 KIM.

Ke-11 KIM yang mendapatkan SK yaitu, KIM Sahabat Kunden Kelurahan Kunden Kecamatan Blora, KIM Blok T Kelurahan Tempelan Kecamatan Blora.

Kemudian, KIM Ronggolawe Kelurahan Cepu Kecamatan Cepu, KIM Informasi Ngawen Kelurahan Ngawen Kecamatan Ngawen.

Selanjutnya KIM Kulak Warta Desa Sogo Kecamatan Kedungtuban, KIM Mitra Berkarya Kelurahan Kedungjenar Kecamatan Blora, KIM Ngudi Arto Kelurahan Bangkle Kecamatan Blora.

Berikutnya, KIM Ki Soreng Kelurahan Karangjati Kecamatan Blora, KIM Persiteg Kelurahan Tegalgunung Kecamatan Blora, KIM Sekar Mustika Kelurahan Wulung Kecamatan Randublatung dan KIM Blok Jepon Kondang Kelurahan Jepon Kecamatan Jepon.

Pembentukan KIM sesuai dengan Peraturan Bupati Blora Nomor 39 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial di Kabupaten Blora.

Seperti halnya antara lain tercantum dalam pasal 7 ayat 2. Di antaranya KIM mempunyai tugas mewujudkan masyarakat yang aktif, peduli, peka dan memahami informasi.

Sedangkan dasar pembentukan KIM antara lain Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Peraturan Menteri Kominfo RI No. 08/PER/M.KOMINFO/6/2010 tentang Pedoman Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial.

Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi Publik. Undang-Undang nomor 40 tahun 1999 tentang Pers.

Semetara itu berkaitan dengan tema acara dihadirkan narasumber dari Dinkes Blora, yakni Kasi Kesgagizi Dwi Susilowati.

Ia menjelaskan paparan kepada KIM tentang upaya dan soaialisasi dalam pencegahan stunting di Blora.

“Kita harus paham tentang Isi Piringku. Yakni porsi terdiri nasi atau makanan pokok, sayur, lauk, buah dan susu,” terangnya

Solikin

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


URL berhasil di salin
Data off atau jaringan lambat
Memuat content..