Tidak ada pin yang di tentukan
Home Regional PAHAMI PIAPS DENGAN ..

PAHAMI PIAPS DENGAN PETA PERHUTANI AGAR TERJADI KEHARMONISAN DI LAPANGAN

PAHAMI PIAPS DENGAN PETA PERHUTANI AGAR TERJADI KEHARMONISAN DI LAPANGAN

Blora baru.com – Mantingan Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mantingan melakukan sosialisasi Peta Indikasi Areal Perhutanan Sosial (PIAPS) di kantor Badan Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Demaaan. jam 19.00. hadir pada kegiatan Sosialaisasi Waka Administratur Mantingan Dwi Anggoro Kasih ,Asinten Perhutani (Asper) Kebon,Medang.Ngiri,Kalinanas,Sudo dan tuan rumah Demaan. turut hadir Ketua Paguyuban LMDH Parlan S.Ag,2 Kepala Resort Pemangkuan Hutan (KRPH) dan Kepala Sub Seksi Perencanaan Edi Pramono. Selasa, 05/01/21

Dalam Penjelasan yang disampaikan oleh Dwi Anggoro Kasih bahwa Perhutanan sosial merupakan program Pemerintah saat ini bahkan menjadi salah satu fokus utama di Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Perhutanan Sisial memberikan salah satu program untuk kesejahteraan rakyat di sekitar kawasan hutan. Berdasarkan hal ini lanjut Dwi maka pemerintah dalam hal ini ingin menciptakan keharmonisan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan hutan dan juga dapat meciptakan keseimbangan ekonomi di pedesaan dan perkotaan. dengan demikian masyarakat di kawasan pinggiran hutan menjadi makmur,sejahtera dalam program Perhutanan sosial,” terang dia.

PIAPS itu sendiri peta yang merupakan lampiran dari surat keputusan Kementrian lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) nomor 4865 tahun 2017. Peta ini memiliki skala 1.250.000,- yang terdiri dari atas 291 shet yang dapat dinduh pada halaman resmi Web-GIS Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Ia juga menambahkan PIAPS inilah nantinya yang menjadi dasar pemberian izin Pemanfaatan Hasil Hutan (IPHT),Hak Pengelolaan Hutan Desa (IPHD),Ijin Usaha Pemanfaatan Hutan Kemasyarakatan (IUHPKm) ,Ijin Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu dalam Hutan Tanaman Rakyat. (IUPHHK-HTR).

PIAPS ini Sendiri ditetapkan oleh Menteri LHK dan direvisi setiap 6 bulan sekali oleh dilakukan dengan Dirjen Planologi dan Tata Lingkungan atas nama menteri. kepada semua pemegang dan Pemangku wilayah nantinya untuk lebih cermat dalam menerapkan peta PIAPS dengan Peta Perhutani. agar tidak terjadi kesalahan dalam penerapanya nantinta dilapangan. untuk Perhutani peta kita sekala 1.10.000.

Ketua Paguyuban LMDH Suparlan sangat mengapresiasi Perhutani Mantingan karena baru kali ini kami dapat penjelasan tentang PIAPS. kalau misalnya dari masyarakat pinggir kawasan hutan kan tidak tahu bahkan buta akan luas wilayah yang dipetakan. Sosialisasi seperti ini sangat penting buat kami untuk memberikan penjelasan kepada para penggarap dan juga pengguna dalam kawasan hutan diMantingan.

Kadang hal seperti ini kalau tidak pernah disosialisasi bisa menimbulkan kerawanan dalam penyerobotan lahan dan saling klaim dalam penggarapan.”jelas dia. Untuk Itu ,”ujar dia,kami akan memberikan pemahaman kepada seluruh Ketua LMDH sewilayah KPH Mantingan agar nantinya dapat memahami dan mencermati dengan benar wilayah yang digarap dan tidak bersinggungan dengan pemegang peta PIAPS yang ada di wilayah KPH mantingan ,”pungkasnya.

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


URL berhasil di salin
Data off atau jaringan lambat
Memuat content..